HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.96.153
Pengunjung : 519.766






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



Zona Pembelajar (8): Berbagai Jenis Strategi Belajar- Mengajar


Senin; 26 March 2018 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

Berbagai jenis strategi belajar-mengajar dapat dikelompokkan berdasarkan berbagai pertimbangan, yaitu:

  1. Atas dasar pertimbangan proses pengolahan pesan
    1. Strategi deduktif. Dengan strategi deduktif,materi atau bahan pelajaran diolah dari mulai yang umum,generalisasi atau rumusan, ke yang bersifat khusus atau bagian-bagian. Bagian itu dapat berupa sifat,atribut, atau ciri-ciri.  Strategi deduktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep, baik konsep konkret maupun konsep terdefinisi.

 

  1. Strategi Induktif. Dengan strategiinduktif,materi atau bahan pelajaran diolah mulai dari yang khusus (sifat, ciri, atau atribut)ke yang umum, generalisasi, atau rumusan. Strategi induktif dapat digunakan dalam mengajarkan konsep-konsep konkret maupun konsep terdefinisi.

 

  1. Atas dasar pertimbangan pihak pengolah pesan
    1. Strategi Ekspositorik. Dengan strategi ekspositorik bahan atau materi pelajaran diolah oleh guru. Siswa tinggal “terima jadi” dariguru. Dengan  strategi ekspositorik, guru yang mencari dan mengolah bahan pelajaran yang kemudian menyampaikannya kepada siswa. Strategi ekspositorik dapat digunakan di dalammengajarkan berbagai materi pelajarankecuali yang sifatnya pemecahan masalah.

 

  1. Strategi Heuristik. Dengan strategi heuristic,bahan atau materi pelajaran diolah oleh siswa. Siswa yang aktif mencari dan mengolah bahan pelajaran. Guru sebagai fasilitator untuk memberikan dorongan, arahan dan bimbingan.

Strategi heuristic dapat digunakan untukmengajarkan berbagai materi pelajaran termasuk pemecahan masalah. Dengan strategi heuristic, diharapkan siswa bukan hanya paham dan mampu melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan,akan tetapi juga akan terbentuk sikap-sikap positif seperti kritis, kreatif, inovatif, mandiri, dan terbuka. Strategi heuristic terbagi atas diskoperi dan inkuiri.

 

  1. Atas dasar pertimbangan jumlah siswa
    1. Strategi klasikal
    2. Strategi kelompok kecil
    3. Strategi individual

 

  1. Atas dasar pertimbangan interaksi guru dan siswa
    1. Strategi tatap muka. Akan lebih baik dengan menggunakan alat peraga
    2. Strategi pengajaran melalui media. Guru tidak langsung kontak dengan siswa, akan tetapi guru “mewakilkan” kepadamedia. Siswa berinteraksi dengan media.

Sumber: Harijanto. 1996. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :