HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.196.38.114
Pengunjung : 505.820






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



Zona Pembelajar (7): Variabel Strategi Belajar-Mengajar


Kamis; 22 March 2018 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar-mengajar ialah tujuan, bahan pelajaran, alat dan sumber, siswa dan guru.
  2. Menurut Robert M. Gagne, hasil-hasil belajar yang membawa implikasi terhadap penggunaan strategi belajar mengajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    1. Keterampilan intelektual dengan tahapan-tahapannya:

1)      Diskriminasi (mengenai benda konkret)

2)      Konsep konkret (mengenal sifat-sifat benda/objek konkret)

  1. Strategi kognitif (kemampuan memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir)
  2. Informasi verbal (kemampuan menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan di dalam ingatan)
  3. Keterampilan motorik (kemampuan melakukan kegiatan-kegiatan fisik)
  4. Sikap (kemampuan menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nilai)
  5. Yang perlu dipertimbangkan dari faktor siswa di dalam menggunakan strategi belajar-mengajar, seperti perbedaan setiapsiswa.
  6. Dari faktor alat dan sumber yang perlu dipertimbangkan ialah jumlah dan ciri alat/sumber pelajaran
  7. Dari faktor guru yang akan mempengaruhi penggunaan strategi belajar mengajar ialah kemampuan menguasai bahan pelajaran dan kemampuan membelajarkan siswa.

Sumber: Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :