Newsflash :
Artikel :
Zona Pembelajar (7): Variabel Strategi Belajar-Mengajar
Kamis; 22 March 2018 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum
- Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar-mengajar ialah tujuan, bahan pelajaran, alat dan sumber, siswa dan guru.
- Menurut Robert M. Gagne, hasil-hasil belajar yang membawa implikasi terhadap penggunaan strategi belajar mengajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
- Keterampilan intelektual dengan tahapan-tahapannya:
1) Diskriminasi (mengenai benda konkret)
2) Konsep konkret (mengenal sifat-sifat benda/objek konkret)
- Strategi kognitif (kemampuan memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir)
- Informasi verbal (kemampuan menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan di dalam ingatan)
- Keterampilan motorik (kemampuan melakukan kegiatan-kegiatan fisik)
- Sikap (kemampuan menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nilai)
- Yang perlu dipertimbangkan dari faktor siswa di dalam menggunakan strategi belajar-mengajar, seperti perbedaan setiapsiswa.
- Dari faktor alat dan sumber yang perlu dipertimbangkan ialah jumlah dan ciri alat/sumber pelajaran
- Dari faktor guru yang akan mempengaruhi penggunaan strategi belajar mengajar ialah kemampuan menguasai bahan pelajaran dan kemampuan membelajarkan siswa.
Sumber: Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Paulus Budi Winarto
Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang
Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..
Artikel Lainnya :
- Zona Pembelajar (8): Berbagai Jenis Strategi Belajar- Mengajar
- Zona Pembelajar (6): Konsep dan Prinsip Belajar
- Zona Pembelajar (5): Motivasi Belajar
- Zona Pembelajar (4): Prinsip-prinsip Belajar
- Zona Pembelajar (3): Teori-teori Belajar
- Zona Pembelajar (2): Pengertian Belajar