HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.80.123.20
Pengunjung : 476.094






Komentar Terbaru :




Newsflash :
UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017             |             Selamat kepada Reynard Adrian Simajuntak dan Cristoper marcellino Siswa Stella Duce Yogyakarta yang membawa medali di ajang Expo Science Mexico 2017 pada 04 11 Desember 2017             |             SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES

Artikel :



Zona Pembelajar (7): Variabel Strategi Belajar-Mengajar


Kamis; 22 March 2018 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

  1. Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan strategi belajar-mengajar ialah tujuan, bahan pelajaran, alat dan sumber, siswa dan guru.
  2. Menurut Robert M. Gagne, hasil-hasil belajar yang membawa implikasi terhadap penggunaan strategi belajar mengajar dapat diklasifikasikan sebagai berikut:
    1. Keterampilan intelektual dengan tahapan-tahapannya:

1)      Diskriminasi (mengenai benda konkret)

2)      Konsep konkret (mengenal sifat-sifat benda/objek konkret)

  1. Strategi kognitif (kemampuan memilih dan mengubah cara-cara memberikan perhatian, belajar, mengingat, dan berpikir)
  2. Informasi verbal (kemampuan menyimpan nama/label, fakta, dan pengetahuan di dalam ingatan)
  3. Keterampilan motorik (kemampuan melakukan kegiatan-kegiatan fisik)
  4. Sikap (kemampuan menampilkan perilaku yang bermuatan nilai-nilai)
  5. Yang perlu dipertimbangkan dari faktor siswa di dalam menggunakan strategi belajar-mengajar, seperti perbedaan setiapsiswa.
  6. Dari faktor alat dan sumber yang perlu dipertimbangkan ialah jumlah dan ciri alat/sumber pelajaran
  7. Dari faktor guru yang akan mempengaruhi penggunaan strategi belajar mengajar ialah kemampuan menguasai bahan pelajaran dan kemampuan membelajarkan siswa.

Sumber: Wijaya, Cece. 1991. Kemampuan Dasar Guru dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak-Magelang

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :