HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.242.205.33
Pengunjung : 405.088






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Artikel :



Penelitian Tindakan Kelas (PTK)-Bagian 4


Rabu; 06 September 2017 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

Menyusun Hipotesis dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Hipotesis lazim digunakan dalam penelitian-penelitian yang bertradisi kuatitatif dengan pola pikir deduktif-verifikatif. Pada kajian-kajian kualitatif, lebih banyak diajukan pertanyaan penelitian dari pada menyusun hipotesis (Creswell: 1994:70). Creswell menyarankan untuk mengajukan pertanyaan penelitian dalam bentuk pertanyaan besar atau yang disebutnya a grand tour question atau dapat juga disebut a guiding hypotheses, dan pertanyaan kecil khusus yang disebutnya sub question. Di lain pihak, para pakar penelitian kualitatif ada juga yang menggunakan hipotesis, seperti Elliot (1991:30) dengan istilah hipotesis diagnostic (diagnostic hypotheses) untuk mengidentifikasi dan mendiagnosis permasalahan yang timbul pada waktu proses inkuiri/penelitian sedang berlangsung; atau hipotesis praktis (practical hypotheses) untuk mengidentifikasi permasalahan pembelajaran dan bagaimana pemecahannya. Lincoln dan Guba (1985:38) dalam penelitian inkuiri naturalistiknya menggunakan hipotesis kerja atau working hyphoteses untuk dijadikan pegangan dalam langkah-langkah penelitian. Hopkins (1993:69) cenderung mensejajarkan pertanyaan penelitian dengan hipotesis.

Di dalam penelitian pendidikan yang lazim dilakukan pada tahap penyususnan hipotesis seringkali teori dilibatkan untuk menguji apakah misalnya metode mengajar tertentu yang menurut teori Si Anu berlaku di kelas-kelas atau di sekolah-sekolah yang dipilih sebagai sampel penelitian dan sesuai teori tersebut atau tidak. Teori yang menyangkut sejumlah asumsi yang perlu dimaknai, diduga atau digunakan sebagai pegangan dalam Penelitian Tindakan Kelas tidak terlalu menjadi ukuran untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari yang pragmatic di kelas. Hal ini disebabkan karena kemungkinan teori itu tidak cukup spesifik, atau proposisi-proposisinya tidak dengan mudah digeneralisasikan kepada situasi-situasi mikro yang sangat individual, local dan kondisional sifatnya seperti yang menjadi karakteristik Penelitian Tindakan Kelas (Hopkins, 1993:72).

Beberapa hal yang sebaiknya diperhatikan sebelum menyusun hipotesis, adalah:

1)      Diskusikanlah permasalahan yang hihadapi dengan mitra peneliti!

2)      Pelajari hasil-hasil penelitian yang telah dilakukan di bidang ini!

3)      Mintalah saran kepada ahli atau pakar di bidang ini!

Selanjutnya pikirkan juga dengan seksama beberapa aspek tindakan dalam penelitian, sebagai berikut:

1)      Apakah anda telah mengkaji dan merencanakan tindakan yang akan dilakukan?

2)      Apakah anda telah mempersiapkan prosedur langkah-langlkah tindakan tersebut?

3)      Apakah anda telah telah mempersiapkan langkah tindakan kecuali dari prosedur, juga dari kepraktisan, keberhasilan, dan evaluasiny?

4)      Apakah anda mempersiapkan alternative lain apabila hasil dan langkah tindakan tidak mencapai hasil yang diharapkan, pada langkah berikutnya?

Sumber : Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode penelitian Tindakan kelas.Bandung:PT Remaja

   Rosdakarya

 

Paulus Budi Winarto

Guru SMP Pendowo Ngablak

 

 

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :