HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.196.38.114
Pengunjung : 505.844






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT KPD SD TARAKANITA 5 JKT YG TELAH MERAIH PRESTASI JUARA FAVORITE GREENMECH, JUARA 2 GREENMECH, JUARA 2 ROBOT FOR MISSION DLM KOMPETISI NASIONAL 2018 GREENMECH & RTM(ROBOT FOR MISSION)YG DISELENGGARAKAN OLEH RUMAH EDUKASI DI UNIV.TARUMANEGARA PD 19/5/18             |             Proficiat kpd Wilhelmine Maria Loe dan Anna Maria Agra Nathanniela(SMA Stella Duce 1, Yogyakarta)yg memperoleh nilai tertinggi dan peringkat 3 UNBK SMA 2018 Jurusan Bahasa dan Budaya di Daerah Istimewa Yogyakarta             |             PROFICIAT KPD LIDIA SANTOSO ( SMA STELLA DUCE 1, YOGYAKARTA ) YG MEMPEROLEH NILAI TERTINGGI UNBK SMA 2018 DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA             |             SISWA - SISWI SD, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMP, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             UNTUK PUTRA - PUTRI SMA, SELAMAT MENEMPUH UJIAN NASIONAL 2018             |             SISWA - SISWI SMK TARAKANITA JAKARTA & SMK PIUS X MAGELANG, SELAMAT MENEMPUH UNBK 2018             |             PROFICIAT KPD TK TARAKANITA SOLO BARU, MENJADI JUARA I LOMBA KOOR TINGKAT KABUPATEN SUKOHARJO TAHUN 2018             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SISWI SMA STELLA DUCE 2 YOGYAKARTA, PESERTA BEASISWA TARAKANITA-HARIMA, JAPAN) SEBAGAI JUARA PERTAMA (GOLD AWARD) SEKALIGUS JUARA FAVORIT (AUDIENCE AWARD) DALAM SPEECH CONTEST BAHASA JEPANG DI HIMEJI CITY, HYOGO, JEPANG             |             SELAMAT KEPADA SD TARAKANITA 3 ATAS PENGHARGAAN SEBAGAI SEKOLAH PEDULI KEBERSIHAN PROVINSI DKI JAKARTA 2017

Artikel :



Penelitan Tindakan Kelas (PTK) Bagian-3


Kamis; 31 August 2017 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

Kerangka Laporan penelitian Tindakan Kelas

BAB I

PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang Masalah
  2. Identifikasi Masalah
  3. Rumusan Masalah
  4. Tujuan Penelitian
  5. Manfaat Penelitian

BAB II

KAJIAN PUSTAKA, LANDASAN TEORI, KERANGKA BERPIKIR, DAN HIPOTESIS TINDAKAN

BAB III

METODE PENELITIAN

  1. Setting Penelitian
  2. Variabel penelitian
  3. Desain Penelitian
  4. Instrumen Penelitian
  5. Teknik Analisis Data

BAB IV

PEMBAHASAN

  1. Hasil penelitian
  2. Pembahasan

 

BAB V

PENUTUP

  1. Kesimpulan
  2. Saran

 

Penjelasan:

BAB I

  1. A.    Latar Belakang Masalah

Latar belakang masalah berisi penjelasan secara logis dan sistematis tentang alasan mengapa peneliti mengangkat masalah tersebut.

Latar belakang masalah mencakup

  1. Paparan kondisi nyata dan kondisi ideal pembelajaran
  2. Paparan tentang adanya kesenjangan antara kondisi nyata dalam proses pembelajaran dengan kondisi ideal. Kondisi tersebut menimbulkan masalah dalam proses belajar mengajar.
  3. Paparan tentang berbagai alternative pemecahan masalah utama.

 

  1. B.    Identifikasi masalah

Identifikasi masalah berisi masalah-masalah yang mungkin muncul berkaitan dengan topik umum penelitian

  1. C.     Rumusan Masalah

Rumusan masalah merupakan pemfokusan dan pengkonkretan identifikasi dan pembatasan masalah yang biasanya dirumuskan dalam bentuk kalimat tanya. Masalah PTK yang diangkat biasanya merupakan masalah nyata di kelas atau sekolah, bukan hasil kajian pustaka.

 

  1. D.    Tujuan Penelitian

Tujuan penelitian harus sesuai atau sejalan dengan rumusan masalah. Jumlah tujuan tidak boleh melebihi substansi yang ada dalam rumusan masalah.

 

  1. E.     Manfaat Penelitian

Manfaat penelitian dapat dilihat dari sifat dan sasarannya. Dari segi sifat, manfaat penelitian dapat berupa manfaat teoritis dan manfaat praktis. Dari sisi sasaran, manfaat dapat tertuju kepada guru, murid, pengelola sekolah, atau bahkan orang tua siswa atau masyarakat umum.

Bab II

Kajian Pustaka/ Tinjauan Pustaka

Tinjauan pustaka berisi paparan hasil kajian terhadap penelitian-penelitian yang memiliki kesamaan topic, yang telah dilakukan sebelumnya. Tinjauan pustaka berguna untuk menentukan kedudukan dan nilai strategis penelitian yang akan dilakukan diantara penelitian-penelitian lain.

Landasan Teoritis

Landasan teoritis berisi hasil kajian teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang diteliti. Hasil kajian terhadap teori tersebut dijadikan sebagai landasan teoritis dalam memecahkan permasalahan penelitian. Teori dapat diambil/ dikutip dari berbagai sumber (artikel, buku, makalah, dokumen, internet). Semakin banyak dan semakin baru referensi yang digunakan semakin baik.

BAB III

Metode penelitian

Bagian ini berisi setting dan subjek penelitian, variable penelitian, desain penelitian, instrument penelitian, teknik pengumpulan data, dan teknik analisis data.

 

 

 

BAB IV

Pembahasan

Bagian pembahasan merupakan hal yang paling penting dari keseluruhan isi. Tujuan pembahasan adalah (1) menjawab masalah penelitian atau bagaimana tujuan penelitian dicapai, (2) menafsirkan temuan-temuan, (3) mengaitkan temuan dengan struktur pengetahuan yang telah ada.

BAB V

Penutup

Simpulan dan Saran

Simpulan merupakan esensi dari uraian yang disajikan pada bagian pembahasan dalam menjawab permasalahan.

Saran diberikan berdasarkan temuan penelitian atau simpulan. Saran dapat digunakan untuk tindakan praktis, pengembangan teoritis, dan penelitian lanjutan.

 

 

 







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :