HOME
ABOUT
INFORMASI PPDB
PROFILE
EMAIL
ALUMNI
GALLERY
MENU PEMBELAJARAN
CARRIER
EVENT
ARTICLE
DOWNLOAD

Informasi PPDB


DAFTAR UNIT :



IP Address : 54.242.205.33
Pengunjung : 405.090






Komentar Terbaru :




Newsflash :
SELAMAT DATANG PARA PESERTA OLIMPIADE SAINS TARAKANITA NASIONAL YG DISELENGGARAKAN DI SMA TARAKANITA 1 PULO RAYA, JAKARTA 8 - 10 NOVEMBER 2017             |             PROFICIAT KPD WILLIAM SETIAJI (SISWA SMP ST.CAROLUS SURABAYA) YG BERHASIL MEMPERTAHANKAN GELAR JUARA 1 OLIMPIADE FISIKA TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI MALANG             |             PROFICIAT KPD KEVIN NARENDRA DHIRESWARA (SISWA SMP STELLA DUCE 2) YG MEMPEROLEH JUARA 1 FLSSN CABANG GITAR SOLO TINGKAT NASIONAL             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMP : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PUTRA-PUTRI PESERTA DIDIK JENJANG SMA : SELAMAT MENEMPUH UNBK 2017, SEMOGA SUKSES             |             PROFICIAT KEPADA VENERINI RANUM CLASSY DEWI (SMA STELLA DUCE 2) & LIDWINA AYKE WINAHYU (SMA STELLA DUCE 1) YG MENDAPAT KESEMPATAN MENEMPUH PENDIDIKAN SELAMA 1 TAHUN DI HYOGO KEN HARIMA, JEPANG             |             PROFICIAT UTK KORPS PUTRI TARAKANITA YG MENJADI JUARA FAVORIT DAN JUARA III FRONT ENSEMBLE DLM GRAND PRIX MARCHING BAND (GPMB) 2016             |             SMA TARAKANITA GADING SERPONG TGR MERAIH JUARA 1 OLIMPIADE SOSIOLOGI TINGKAT NASIONAL YG DISELENGGARAKAN OLEH UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA             |             PROFICIAT UTK REYNARD ARDIAN SIMANJUNTAK (SMP STELLA DUCE 1,YK) YG MERAIH JUARA 1 TINGKAT NASIONAL DLM LOMBA INDONESIA ROBOTIK OLIMPIADE DI SURABAYA             |             PROFICIAT UTK SMP ST.CAROLUS SBY ATAS PRESTASI WILLIAM SETIADJI YG MERAIH 'JUARA II' & RAYMOND VALENTINO YG MERAIH 'JUARA I DAN BEST EXPERIMENT' DLM INDONESIA SCIENCE AND MATHEMATICS OLYMPIAD CHALLENGE 2016 TINGKAT NASIONAL

Artikel :



Penelitian Tindakan Kelas (PTK)-Bagian-2


Rabu; 23 August 2017 [P. Budi Winarto, SMP PENDOWO NGABLAK] - Artikel Umum

Kredibilitas Penelitian Tindakan Kelas (PTK)

Para pakar penelitian sering mempertanyakan reliabilitas dan validitas penelitian seperti Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang merujuk pada tradisi kualitatif, yang karena sifatnya yang deskriptif dan naratif mempunyai cara sendiri di dalam menegakkan derajat keterpercayaannya, berbeda dengan penelitian yang sifatnya generatif dan memakai ukuran-ukuran realibilitas dan validitas yang sudah baku dari tradisi positivistik

Reliabilitas menunjuk sejauh mana kajian dapat direplikasi, apakah seorang peneliti dengan menggunakan metode yang sama akan mendapat hasil yang sama? Masalah ini bagi peneliti naturalistik seperti peneliti Penelitian Tindakan Kelas (PTK)  merupakan problema besar, karena fenomena yang dihadapinya unik, karena karakteristik data dan proses penelitiannya berbeda, karena konvensi yang harus diperhatikan dalam menyajikan hasil-hasil penelitian, dan karena aturan main dan etika yang harus dipegang oleh para penelitinya. Apabila kaidah-kaidah mencapai reliabilitas yang baku untuk kondisi laboratorium dipaksakan, maka penelitian akan kehilangan alur kewajarannya, padahal setting yang alamiah yang menjadi yang dipersyaratkan dalam Penelitian Tindakan Kelas. Demikian juga perhitungan dan pengukuran yang pasti akan menyebabkan daya konstruksi yang kuat dalam menyusun kategori untuk analisis akan terkendala apabila fenomena yang diobservasi terlalu dini direduksi atau distandardisasi.

Dibandingkan dengan penelitian di laboratorium dengan desain yang terkontrol dengan ketat, maka prosedur penelitian yang dilakukan di lapangan/di kelas dengan manusia sebagai subjek/objek penelitian memang akan menyulitkan untuk direplikasi, antara lain karena yang diamati bukan hanya kondisi sesaat melainkan mengobservasi juga jalannya proses yang mengandung banyak perubahan di dalam dirinya atau di dalam situasinya, beserta dampak atau efek yang multiarah.

Jadi, bagaimana kita mengetahui bahwa sebuah penelitian kualitatif seperti halnya Penelitian Tindakan Kelas, akurat, dapat dipercaya, dan benar? Untuk menjawab pertanyaan ini Lincoln(1985) mengemukakan  bahwa diperlukan standard kualitas dalam penelitian kualitatif, dan pendekatan kea rah verifikasi, dalam pengertian kapan wacana verifikasi berakhir dan dimulainya standard kualitas. Peshkin dalam Creswell (1998) menganggap verifikasi dalam penelitian kualitatif adalah kategori yang ditegakkan dalam definisi, interpretasi, dan evaluasi. Sedangkan sebagai definisi kerja, verifikasi adalah sebuah proses yang berlangsung sepanjang pengumpulan data dilakukan, analisis, dan penulisan laporan penelitian. Sedangkan standard ialah kriteria yang ditentukan oleh peneliti sendiri dan para mitranya setelah kajian penelitian selesai..

Sumber : Rochiati Wiriaatmadja. 2009.Metode penelitian Tindakan kelas.Bandung:PT Remaja

                  Rosdakarya

 

Paulus Budi Winarto







Komentar - komentar untuk artikel ini :
Belum ada komentar pada artikel ini..


Silahkan isi komentar pada form di bawah ini.
Nama :
Alamat Email :
Komentar :

Tuliskan Kode berikut :



Artikel Lainnya :